CIPUTRA
MAESTRO REAL ESTATE INDONESIA
Ciputra. Dialah pelopor bisnis
properti modern di Indonesia dan pendiri sekaligus ketua umum pertama REI
(perhimpunan perusahaan real estate
Indonsia), sehingga dijuluki Bapak Real estate Indonesia . Ciputra juga orang Indonesia
pertama yang dipercaya menjadi World President FIaBCI, organisasi pengusaha
realestast internasional. Bagi para konsumen properti, nama Ciputra telah
menjadi brand yang menjanjikan kualitas produk sekaligus prospek investasi yang
menguntungkan. Di kalangan pelaku bisnis properti, Ciputra identik dengan
raksasa bisnis yang sering menjadi rujukan sekaligus pesaing.
Karya-karya
besar Ciputra begitu beragam, karena hampir semua subsektor properti
dijamahnya. Ia kini mengendalikan 5 kelompok usaha Jaya, Metropolitan, Pondok
Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development yang masing-masing memiliki
bisnis inti di sektor properti. Proyek kota
barunya kini berjumlah 11 buah tersebar di Jabotabek, Surabaya ,
dan di Vietnam
dengan luas lahan mencakup 20.000 hektar lebih. Ke-11 kota baru itu adalah Bumi
Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk, Puri Jaya, Citraraya Kota Nuansa Seni, Kota
Taman Bintaro Jaya, Pondok Indah, Citra Indah, Kota Taman Metropolitan,
CitraRaya Surabaya, Kota Baru Sidoarjo, dan Citra Westlake City di Hanoi,
Vietnam. Proyek-proyek properti komersialnya, juga sangat berkelas dan menjadi
trend setter di bidangnya. Lebih dari itu, proyek-proyeknya juga menjadi magnit
bagi pertumbuhan wilayah di sekitarnya. Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak
masih menjadi mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama Ismail
Sofyan dan Budi Brasali, teman kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan
PT Daya Cipta. Biro arsitek milik ketiga mahasiswa tersebut, sudah memperoleh
kontrak pekerjaan lumayan untuk masa itu, dibandingkan perusahaan sejenis
lainnya. Proyek yang mereka tangani antara lain gedung bertingkat sebuah
bank di Banda Aceh. Tahun 1960 Ciputra
lulus dari ITB. Ke Jakarta…Kita harus ke Jakarta ,
sebab di sana
banyak pekerjaan, ujarnya kepada Islamil Sofyan dan Budi Brasali. Keputusan ini menjadi tonggak sejarah yang
menentukan jalan hidup Ciputra dan kedua
rekannya itu. Dengan bendera PT Perentjaja Djaja IPD, proyek bergengsi yang
ditembak Ciputra adalah pembangunan pusat berbelanjaan di kawasan senen. Dengan
berbagai cara, Ciputra adalah berusaha menemui Gubernur Jakarta ketika itu, Dr.
R. Soemarno, untuk menawarkan proposalnya. Gayung bersambut. Pertemuan dengan
Soemarno kemudian ditindak lanjuti dengan mendirikan PT Pembangunan Jaya,
setelah terlebih dahulu dirapatkan dengan Presiden Soekarno. Setelah pusat
perbelanjaan Senen, proyek monumental Ciputra di Jaya selanjutnya adalah Taman
Impian Jaya Ancol dan Bintaro Jay. Melalui perusahaan yang 40% sahamnya
dimiliki Pemda DKI inilah Ciputra menunjukkan kelasnya sebagai entrepreuneur
sekaligus profesional yang handal dalam menghimpun sumber daya yang ada menjadi
kekuatan bisnis raksasa. Grup Jaya yang didirikan tahun 1961 dengan modal Rp.
10 juta, kini memiliki total aset sekitar Rp. 5 trilyun. Dengan didukung
kemampuan lobinya, Ciputra secara bertahap juga mengembangkan jaringan
perusahaannya di luar Jaya, yakni Grup Metropolitan, Grup Pondok Indah, Grup
Bumi Serpong Damai, dan yang terakhir adalah Grup Ciputra. Jumlah seluruh anak usaha
dari Kelima grup itu tentu di atas seratus, karena anak usaha Grup Jaya saja 47
dan anak usaha Grup Metropolitan mencapai 54. Mengenai hal ini, secara
berkelakar Ciputra mengatakan: Kalau anak kita sepuluh, kita masih bisa
mengingat namanya masing-masing. Tapi kalau lebih dari itu, bahkan jumlahnya
pun susah diingat lagi. Fasilitas merupakan unsur ketiga dari 10 faktor yang
menentukan kepuasan pelanggan. Konsumen harus dipuaskan dengan pengadaan
fasilitas umum dan fasilitas sosial selengkapnya. Tapi fasilitas itu tidak
harus dibangun sekaligus pada tahap awal pengembangan. Jika fasilitas
selengkapnya langsung dibangun, harga jual akan langsung tinggi. Ini tidak akan
memberikan keuntungan kepada para pembeli pertama, selain juga merupakan resiko
besar bagi pengembang. Ciputra memiliki saham di lima kelompok usaha (Grup
Jaya, Grup Metropolitan, Grup Pondoh Indah, Grup Bumi Serpong Damai, dan Grup
Ciputra). Dari Kelima kelompok usaha
itu, Ciputra tidak menutupi bahwa sebenarnya ia meletakkan loyalitasnya yang
pertama kepada Jaya. Pertama, karena ia hampir identik dengan Jaya. Dari
sinilah jaringan bisnis propertinya dimulai. Sejak perusahaan itu dibentuk
tahun 1961, Ciputra duduk dalam jajaran direksinya selama 35 tahun: 3 tahun
pertama sebagai direktur dan 32 tahun sebagai direktur utama, hingga ia
mengundurkan diri pada tahun 1996 lalu dan menjadi komisaris aktif. Kedua,
adalah kenyataan bahwa setelah Pemda DKI, Ciputra adalah pemegang saham
terbesar di Jaya. PT Metropolitan Development adalah perusahaannya yang ia
bentuk tahun 1970 bersama Ismail Sofyan, Budi Brasali, dan beberapa mitra
lainnya. Kelompok usaha Ciputra ketiga adalah Grup Pondok Indah (PT
Metropolitan Kencana) yang merupakan usaha patungan antara PT Metropolitan
Development dan PT Waringin Kencana milik Sudwikatmono dan Sudono Salim. Grup
ini antara lain mengembangkan Perumahan Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk.
Kelompok usaha yang keempat adalah PT Bumi Serpong Damai, yang didirikan awal
tahun 1980-an. Perusahaan ini merupakan konsorsium 10 pengusaha terkemuka –
antara lain Sudono Salim, Eka Tjipta Widjaya, Sudwikatmono, Ciputra dan Grup
Jaya – yang mengembangkan proyek Kota Mandiri Bumi Serpong Damai seluas 6.000
hektar, proyek jalan tol BSD – Bintaro Pondok Indah, dan lapangan golf Damai
Indah Golf. Grup Ciputra adalah kelompok usahanya yang Kelima. Grup usaha ini
berawal dari PT Citra Habitat Indonesia, yang pada awal tahun 1990 diakui sisi
seluruh sahamnya dan namanya diubah menjadi Ciputra Development (CD). Ciputra
menjadi dirutnya dan keenam jajaran direksinya diisi oleh anak dan menantu
Ciputra. Pertumbuhan Ciputra Development belakangan terasa menonjol
dibandingkan keempat kelompok usaha Ciputra lainnya. Dengan
usia paling muda, CD justru yang pertama go public di pasar modal pada Maret
1994. Baru beberapa bulan kemudian Jaya Real properti menyusul. Total aktiva CD
pada Desember 1996 lalu berkisar Rp. 2,85 triliun, dengan laba pada tahun yang
sama mencapai Rp. 131,44 miliar. CD kini memiliki 4 proyek skala luas:
Perumahan Citra 455 Ha, Citraraya Kota Nuansa Seni di Tangerang seluas 1.000
Ha, Citraraya Surabaya 1.000 Ha, dan Citra Indah Jonggol. 1.000 Ha. Belum lagi
proyek-proyek hotel dan mal yang dikembangkannya, seperti Hotel dan Mal
Ciputra, serta super blok seluas 14,5 hektar di Kuningan Jakarta . Grup Ciputra juga mengembangkan Citra Westlake
City seluas 400 hektar di Ho Chi Minh City , Vietnam . Pembangunannya
diproyeksikan selama 30 tahun dengan total investasi US$2,5 miliar. Selain itu,
CD juga menerjuni bisnis keuangan melalui Bank Ciputra, dan bisnis broker
melalui waralaba Century 21. Sejak beberapa tahun lalu, Ciputra menyatakan
Kelima grup usahanya – terutama untuk proyek-proyek propertinya – ke dalam
sebuah aliansi pemasaran. Aliansi
itu semula diberi nama Sang Pelopor, tapi kini telah diubah menjadi si
Pengembang. “Nama Sang Pelopor terkesan arogan dan berorientasi kepada
kepentingan sendiri,” ujar Ciputra tentang perubahan nama itu.
“Baiklah”, sorak Henry. Kemudian dia mulai menebangi
pepohonan di tanah yang di berikan oleh ayahnya itu. Sebagian untuk
dipersiapkan untuk mendirikan sebuah rumah untuk keluarga kelak. Akhirnya apa
yang ia inginkan untuk menikahi Clara tercapai. Henry dan Clara menikah pada
bulan Apil 1888. Mereka hidup dengan menggarap ladang selama tiga tahun di
pemberian ayahnya. Pada suatu malam Henry berkata kepada istrinya, “Clara, saya
yakin kita akan lebih sukses, bila kita bisa pindah ke Detroit. Saya akan
membuat sebuah kereta kuda di sana. Di sini saya terlalu sibuk!” Henry kemudian
menerangkan kepada istrinya tentang gagasan-gagasannya untuk membuat kendaraan
yang digerakkan dengan mesin.
Di Detroit ia mendapatkan pekerjaan di perusahaan lampu
“Edison” pada malam hari, sedangkan pada siang hari ia membuat kereta kudanya
untuk berlari. Selama dua tahun ia belum dapat menciptakan kereta kudanya untuk
berlari. Ia telah banyak menghabiskan waktu di bengkelnya yang terbuat dari
batu bata sederhana itu, sementara di sekeliling para tetangganya melihat
tingkahnya, menganggap Henry telah gila.
“Sebuah kereta kuda!?” kata mereka, “Bila akan bergerak
kalau Henry tidak mendorongnya”. Tapi Henry Ford tetap pada pendiriannya. Henry
tidak berhenti bekerja di bengkelnya. Ia menumpahkan segala perhatiannya dengan
penuh konsentrasi terhadap idenya. “Barang apa yang dikerjakan si dungu itu?”
kata orang-orang yang melihat kelakuan Henry itu. Kemudian mereka menyiramnya
dengan air. Henry Ford tidak dapat berbuat apa-apa, ia dalam keadaan miskin
sekali.
Pada suatu pagi tahun 1893 sebuah kereta kuda, siap untuk
diuji coba. Dengan kegigihan yang kuat dan cekatan yang membaja Henry Ford
memulai mengoperasikan keretanya, yang sangat membisingkan dan mengeluarkan
asap yang mengepul-ngepul di udara. Kereta itu meluncur dari pabriknya menuju
jalan raya. Tapi tidak jauh berlari. Baru beberapa kaki saja beranjak dari
bengkel tiba-tiba mati, dan tak dapat berkelok karena tidak mempunyai kemudi.
Akan tetapi mesin kereta itu kembali hidup dengan demikian kini Henry telah
membuktikan kepada orang-orang di sekelilingnya yang selama ini menganggap
lucu, dungu, dan tolol, sekarang tidaklah demikian halnya.
Malam itu, Henry si perancang kereta itu merasa sangat
puas dan bahagia dengan hasil temuannya. Karya tersebut dirayakannya dengan
segelas susu panas, kemudian membantingkan bajunya yang basah oleh keringat itu
ke samping perapian, lantas meloncat ke tempat tidur. Untuk menikmati mimpi
yang indah yang untuk pertama kalinya setelah meninggalkan tanah pertaniannya.
Ketika kereta ciptaannya diuji coba untuk kedua kalinya,
istrinya ikut ambil bagian, yaitu sebagai penumpang. Kreativitas mereka itu
menimbulkan sensasi? Beberapa ekor kuda sekonyong-konyong terkejut, lantas lari
sekencang-kencangnya tidak tentu arah, ketika kereta Henry itu lewat di
dekatnya. Suara kereka itu menimbulkan pekik yang memekakan telinga, lantara
kerasnya. Mendadak kereta itu terhenti karena mesinnya mati.
Orang-orang menyaksikan keanehan itu serentak menyerbu,
mengelilingi benda yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Serta-merta
mereka bersorak, sebagian merasa kagum, tapi sebagian besar menunjukkan rasa
cemas. Sejumlah besar dari mereka mengeluhkan suara yang ditimbulkan oleh
kereta aneh itu sehingga mengakibatkan kebisingan dan kegaduhan. Karena itu
sangat kotor dan kelihatan dan kelihatan membahayakan. Mereka berkata bahwa hal
tersebut pasti akan menimbulkan bencana, sehubungan dengan ia tidak dapat dikendalikan.
Ia hanya bisa lari lurus memanjat bukit dan meloncati tebing-tebing. Mereka
menasihati Henry Ford agar pekerjaan itu diberhentikan saja. Tapi sang “penemu”
itu menjawab, “Kereta ini harus lari, dan lari”, tapi itu harus diperbaiki,
kata mereka. Ford menjawab spontan “Saya sekarang belum mempunyai dana dan
tidak mempunyai koneksi yang dapat membantu saya. Yang saya pikirkan sekarang
adalah bagaimana dapat menciptakan sebuah “otomobil”. Bertahun-tahun lamanya
Henry memikirkan, bagaimana ia dapat menyempurnakan hasil karyanya itu.
Demikianlah sampai ia mampu menunjukkan kepada dunia bahwa ia telah memperbaiki
modal yang besar dan kuat, hasil dari gagasan-gagasannya yang semula dianggap
gila itu.
Ketika Henry Ford meninggal dunia pada tahun 1947, ia
mencapai usia 83 tahun. Sedikit sekali orang yang dapat memahaminya, tetapi
berjuta-juta orang tahu bahwa kereta kudanya telah mengelilingi dunia.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar